Selasa, 22 Februari 2011

Gepeng Asal Pulau Madura Segera Dipulangkan

Surabaya , Guna mengantisipasi lonjakan jumlah penghuni Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) Keputih, Pemerintah Kota Surabaya berencana memulangkan gelandangan dan pengemis (gepeng) khususnya yang berasal dari Pulau Madura kedaerah asal.
Zainal Arifin, Kepala Bagian Kesejahteraan (Kesra) mengatakan, berdasarkan data dari Dinas sosial jumlah Penyandang Masalah kesejahteraan Sosial (PMKS) semakin bertambah dari tahun ke tahun. Ini merupaakn efek dari adanya urbanisasi sehingga masyarakat dari berbagai daerah di Jawa Timur datang ke Surabaya dan mereka belum tentu memiliki keahlian pekerjaan.

Lebih lanjut Zainal mengatakan bahwa selama ini Pemerintah Kota Surabaya telah menyediakan tempat untuk rehabilitasi yakni Liponsos Keputih. Namun, dalam prakteknya Pemerintah Kota Surabaya cukup kewalahan dalam menangani masalah PMKS ini.
Sekedar informasi, data terakhir pada 2010 lalu jumlah penghuni Liponsos keputih lebih dari 786 orang. Padahal daya tampung yang tersedia hanya 120 orang. Oleh karena itu, dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak karena masalah PMKS bukan hanya tanggung jawab dari Pemerintah kota Surabaya saja tetapi juga seluruh elemen masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar