Jumat, 28 Oktober 2011

Awas Buat Cewek, Makan Bakso Sembarangan Rawan Kanker Payudara


Kalangan perempuan muda di Indonesia mendominasi jumlah penderita kanker payudara di Tanah Air karena pola makan mereka selama ini tidak mengutamakan sisi kesehatan.
“Kini korban penyakit mematikan tersebut bergeser,” kata Irmaya Haryuni, Sekretaris “Reach to Recovery Surabaya/RRS”, saat kampanye Breast Cancer Month di Universitas Kristen Petra Surabaya, Jumat (28/10/2011).
Menurut Irmaya dari yang sebelumnya didominasi perempuan usia tua atau 40 tahun hingga 50 tahun menjadi usia muda antara 20 tahun hingga 30 tahun.
“Bahkan, kini ada perempuan dengan usia sangat muda sudah terkena kanker payudara yakni pada usia 19 tahun,” ungkap Irmaya
Faktor pemicu rentannya perempuan muda menjadi penderita kanker payudara adalah pemilihan jenis makanan yang salah. Sejumlah makanan - minuman penyebab kanker payudara di antaranya makanan mengandung monosodium glutamat (MSG), bahan pengawet, zat pewarna, dan minuman ringan.
“Contoh, bakso termasuk ‘pentol’ yang banyak dijual di pinggir jalan, ’snack’. Lalu, minuman yang rawan menyebabkan kanker payudara seperti minuman bersoda atau teh yang dikemas dalam kaleng dan mengandung alkohol

Tidak ada komentar:

Posting Komentar