Minggu, 06 Februari 2011

Bentrokan Mesir Membuat Harga Minyak Naik

Minyak mentah, pada penutupan perdagangan di bursa Nymex Kamis (3/2) dini hari mengalami kenaikan. Harga minyak mentah Brent turut menguat seiring bentrok berdarah yang melanda Mesir.

Kondisi di Mesir ini menimbulkan ketegangan di kawasan Timur Tengah dan berpotensi mengganggu kelancaran ekspor minyak mentah dari kawasan tersebut.Harga minyak mentah berjangka Nymex tampak mengalami peningkatan sebesar 9 sen setelah bentrokan antara pendukung dan penentang Hosni Mubarak terjadi. Akan tetapi tampak harga minyak mentah di New York agak bergerak tertahan setelah Departemen Energi melaporkan bahwa pasokan minyak mentah di AS mengalami kenaikan yang melebihi proyeksi.

Harga minyak mentah Nymex ditutup pada posisi 90.86 dolar per barel. Sementara itu harga minyak mentah Brent untuk kontrak Maret tampak mengalami kenaikan sebesar 60 sen (0.6%) dan ditutup pada posisi 102.34 dolar per barel. Harga penutupan ini adalah yang tertinggi sejak 26 September 2008.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting menilai bahwa pergerakan minyak mentah di awal tahun ini akan cenderung mengalami peningkatan. Tampaknya trend bullish masih akan terjadi pada komoditas meskipun tentunya akan diharapkan terjadi koreksi wajar. Kisaran harga minyak mentah diprediksi akan berada di 85 – 95 dolar per barel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar